Selasa, 30 April 2013

Blood Glucose Meter


Blood glucose meter (atau Glucometer) adalah alat yang digunakan untuk mengetahui kadar gula darahDiabetes Melitus.
yang ada di dalam tubuh. Alat ini merupakan komponen yang sangat penting dalam mengontrol kadar gula darah bagi pasien

Cara Penggunaan:
  1. Pertama-tama, anda harus mengambil sampel darah. Alat yang digunakan adalah jarum penusuk (lancet). Pastikan lancet yang akan dipakai adalah lancet yang masih steril. Kemudian masukan lanset ke dalam alatnya (lancing device).
  2. Bersihkan jari yang akan ditusuk dengan menggunakan kapas beralkohol untuk menghindari infeksi.
  3. Tusukkan lancet ke jari yang telah dibersihkan. Tekan jari dengan pelan untuk membantu keluarnya darah. Jangan menekan terlalu kuat karena dapat menyebabkan tercampurnya darah dengan cairan cairan otot. Hal ini akan mengurangi tingkat keakuratan hasil pemeriksaan.
  4. Masukkan test strip ke dalam glucose meter. Pastikan test strip yang dipakai tidak kadaluwarsa. Test strip yang kadaluwarsa dapat mengurangi tingkat keakuratan hasil pemeriksaan.
  5. Tempelkan ujung test strip ke bulatan darah hingga bagian sampelnya terbasahi secara merata. Jangan meneteskan darah ke test strip dan jangan menempelkan test strip terlalu keras. Bila sampel darah sudah mencukupi, maka glucose meter akan mulai mengukur (waktu pengukuran terlihat di display dalam hitungan mundur.
  6. Setelah beberapa lama, akan muncul hasil dari pengukuran gula darah anda. Jika hasilnya terlalu tinggi atau terlalu rendah, mungkin anda perlu mengulangi pengukuran untuk memastikan hasilnya.
Gula darah yang normal yaitu:
  • 72-126 mg/dl (puasa)
  • <180 mg/dl (90 menit setelah makan)
  • sekitar 144 mg/dl (malam hari)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Syringe Cursors at www.totallyfreecursors.com